Pesta Daun Untuk Tema Bukber

Ramadhan, bulan yang penuh rahmat dan ampunan bagi pemeluk Islam. Ya, di bulan ini semuanya dilipat gandakan amalnya, pokoknya ini bulan berkah banget deh.

Ramadhan ini identik sama yang namanya buka bersama atau buka bareng atau sering disingkat bukber. Nah, ane punya saran nih buat yang suka ngadain bukber di rumah. Kalau di warung makan, restoran atau tempat yang selain di rumah ini kan udah ada yang nyiapin, jadi gak usah ane kasih saran ya. Tapi ya siapa tahu ini bisa dijadiin sebagai bahan pertimbangan untuk menyediakan paket bukber baru.

Nih ya gan, ane kemarin abis masak-masak bantuin kakak di acara bukbernya, nah temanya ini unik, semuanya pakai daun. Mulai alas makan, piring, sampe sayurnya pun pakai daun *eh.

Karena bertemakan daun, so, we all start from 6 a.m. Jam 6 pagi itu dipake buat nyari daun (karena banyak di sekitar rumah), nyiapin bumbu-bumbu, sayurannya, dan yang diperluin s3muanya deh pokoknya.

Daunnya itu dibuat alas makan, piring sama hiasan hiasannya. Nah buat piringnya ini (kalau di tempat ane namanya cetokan) kudu sabar, ane yang dari dulu gapernah mainan sama biting (semacam staples tapi versi manual) harus berkutatdengan itu. Pernah juga jari ane kena tuh ujung biting yang lancip, gak berdarah sih cuma nyeri dikit.

Pertama, daun di jemur dulu supaya sedikit layu, tujuannya agar mudah dibentuk dan gak gampang robek. Selanjutnya buat deh seperti cetokan-cetokan yang biasa disediakan di tempat makan tradisional khusus Jawa. Udah nih ya bikin cetokannya, tianggal bikin isi cetokan, sayur+lauk sama isi wadah makannya tadi.

Oh ya dauh yang dipakai buat wadah makanan kalau bisa yang utuh lembaran, sedangkan yang dipake buat cetokan itu disesuaikan dengan ukuran nasi yang akan dimasukkan ke wadah tersebut.

Saran ane mending ya kalau buka puasa pakai daun gitu, bikin sayurnya jangan yang terlalu butuh banyak kuah, bikin menu yang sekiranya gak bikin seret tapi juga gak kayak makan kuah aja. Contohnya nih pecel, itu pas banget untuk dijadikan menu buka  puasa yang wadahnya daun.

Saran juga supaya nasi langsung dicetak di cetokannya. Untuk sayur mayur lebih baik jika diletakkan di atas piring. Ini menghindari orang yang gak mau makan kalau makanannya gak diwadahi. Selain itu kalau sayuran diletakkan di atas wadahnya  langsung tanpa piring, bisa aja semut datang terus ngerubung tuh makanan. Kan kalau di piring lebih aman.

Untuk minumnya mending siapin es buah aja. Tapi saran aja ya, kalau minumnya es buah, agan-agan harus mau menyedikan menu minuman yang lain guna menghindari tamu yang gak bisa  minum es langsung. Seperti teh panas, jeruk nipis panas, wedang jahe atau air putih yang gampang. Ya, it depends on you.

Selain itu juga  harus menyediakan sendok dan piring, mengantisipasi kalau ada peserta bukber yang tiba-tiba bawa makanan banyak :D.

Untuk daunnya tadi jangan salah pilih ya, daunnya pakai daun pisang, jangan pake daun mahoni :D. Selamat mencoba 😉

Sekian dan terimakasih

Regards,

Atatin

Tinggalkan komentar